Kemenag Kolut Gandeng Kantor Imigrasi Permudah Pengurusan Paspor JCH

Wa Ode Asnani, S.Ip 08-02-2018 (07:32:13) Berita 46 times
Lasusua, (Inmas sultra)--- Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tahun ini tidak kesulitan lagi dalam pengurusan paspor. Kementerian Agama (Kemenag ) Kab. Kolut bersama Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, telah berkoordinasi untuk melakukan pelayanan paspor bagi JCH Kolut dengan sistem mobile. Hal tersebut diungkap oleh Kepala Kemenag Kab. Kolut H. Baharuddin, saat rapat perdana dengan JCH Kolut di Aula Kantor Kemenag Kolut, Rabu (7/2).
 
Dalam rapat tersebut, Baharuddin yang didampingi Kasi PHU Rasman,   juga membahas prosedur pengurusan dan pelayanan paspor dengan sistem mobile bagi 225 JCH Kolut yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini.
 
“Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Imigrasi kelas I Kendari, bahwa pelayanan paspor bagi JCH Kolut akan dilayani dengan sistem mobile. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan kepada JCH yang jauh dari Kantor Imigrasi,” tutur Baharudin.
 
Baharudin menjelaskan, jika paspor adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap JCH. Oleh karena itu setiap JCH hendaknya memberikan data yang sebenarnya kepada petugas Seksi PHU yang nantinya disampaikan kepada pihak Imigrasi.
 
“Data yang dimaksudkan adalah foto copy KTP, Kartu Keluarga (KK), ijazah/akta nikah atau akta kelahiran. Adapun biaya pengurusan paspor sebesar Rp. 355ribu, yang untuk sementara ditalangi oleh masing-masing JCH, dan Insya Allah akan dikembalikan di embarkasi menjelang keberangkatan JCH,” tambahnya.
 
Mengetahui hal tersebut, JCH Kolut yang hadir dalam rapat tersebut yakni sebanyak 225 orang diluar jamaah cadangan, merespon baik usaha dan kerjasama yang dilakukan pihak Kemenag Kolut dan Imigrasi. Pada rapat pertemuan ini, JCH juga menandatangani pernyataan dan Perdim.
 

Berita lainnya