Kemenag Ajak Umat Tebarkan Kedamaian

Nisa Nurhayati. S.I.K 04-01-2018 (09:42:13) Berita 33 times
Kendari (Inmas Sultra) --- Kementerian Agama (Kemenag) Sultra melaksanakan upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke- 72 Kemenag di pelataran Kantor Kemenag Sultra, Rabu (3/1). Upacara tersebut dipimpin langsung Pelaksana Tugas Gubernur Sultra, Moch Saleh Lasata.

Selain dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Sultra Abdul Kadir, acara tersebut juga diikuti pejabat Pemerintah Provinsi Sultra.

Menteri Agam RI, Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya yang dibacakan Saleh Lasata mengatakan, HAB ke-72 Kementerian Agama tahun 2018 mengabil Tema “Tebarkan Kedamaian”.

Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai  kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Menurutnya kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama.“Dan hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki.” Kata Lukman dalam sambutannya yang dibacakan Saleh Lasata.

Lukman mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen Umat Beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. “Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera.,” jelasnya.

Menurutnya  pesan kedamaian itu makin terasa penting untuk diagungkan agar masyarakat tidak terjerembab dalam kubangan perseteruan dan jebakan permainan atas nama agama. “Kalaulah belum sanggup mengatasi pertentangan dengan seruan damai, setidaknya mendamaikan diri dari nafsu angkara murka, syak wasangka, tingkah yang pandir, sifat-sifat batil, ataupun tangan  yang jahil,”ulasnya.

Selain membaca sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Saleh Lasata Juga berpamitan ke jajaran Kemenag Sultra karena sebentar lagi akan mengakhiri jabatannya bersama Nur Alam. Menurut Saleh, Nur Alam dan dirinya akan selesai menjalankan jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra sekitar 45 hari lagi.

“Olehnya itu, kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terus dibangun dengan Pemerintah Provinsi Sultra. Kami menyadari, banyak kekurangan yang kami laksanakan baik dibidang keagamaan dan lain-lain. Maka dari itu, kami mohon maaf,”pungkasnya.(rs)
 

Berita lainnya