Kamad MTsN 1 Kendari : Siswa Madrasah Hebat Bermartabat Wajib Miliki Dua Sikap Ini

Wa Ode Asnani, S.Ip 10-07-2018 (15:19:15) Berita 110 times
Kendari, (Inmas Sultra)---Sebagai pelajar madrasah, setidaknya ada 2 sikap yang patut ditanamkan dan miliki dalam diri  sebagai   pilar pembentukan karakter  siswa madrasah yang hebat bermartabat. Hal tersebut diungkap Kepala Madrasah (Kamad) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kendari, La Duku SAg MPd, di hadapan siswa baru peserta  MATSAMA (Masa Ta'arruf Siswa Baru Madrasah) Selasa pagi (10/7) di lapangan upacara MTsN 1 Kendari.
 
"Pilar pertama yang harus kalian tanamkan dalam diri sebagai pelajar madrasah adalah sikap  disiplin. Baik itu disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan bapak/ ibu guru, disiplin dalam menjalankan piket kelas dan disiplin terhadap segala aturan yang berlaku di MTsN1 Kendari. Termasuk didalamnya disiplin waktu, dan ini merupakan wujud  perintah Allah melalui firmanNya dalam surah al Asr tentang menghargai waktu," terangnya.

Lanjut La Duku, Pilar kedua yang harus dimiliki adalah sikap  jujur. Salah satu contoh  kejujuran yang dapat ditunjukkan adalah dengan menyampaikan kepada bapak atau ibu guru jika menemukan barang dilingkungan madrasah,  baik berupa  uang, hp, atau benda berharga lainnya besar atau kecil.  Sehingga barang yang ditemukan dapat langsung diumumkan melalui pengeras suara, seperti yang selama ini dilakukan di madrasah tersebut.

La Duku menekankan pentingnya sikap disiplin dan kejujuran dimiliki oleh setiap siswa dan menjadi karakter utama yang nampak dari pribadi siswa madrasah yang hebat bermartabat.

Mengakhiri arahannya, La Duku memberikan kuis kepada seluruh peserta MATSAMA  dengan reward uang jajan senilai Rp. 50.000,  bagi siswa yang mampu menyebutkan 2 Pilar madrasah hebat bermartabat. Alhasil, kuis ini berhasil dijawab dengan tepat oleh salah seorang siswa dari  Salah satu SD di Kendari Barat, Ardiansyah.
 
Pelaksanaan MATSAMA  ini akan berlangsung selama 3 hari (Senin - Rabu) yang  diiikuti oleh seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019.

Adapun  materi yang diberikan meliputi: Tata cara pelaksanaan upacara bendera (PBB), tadarus Al Qur,an, hak dan kewajiban siswa, wawasan wiyata, program dan cara belajar, apresiasi seni, minat dan bakat siswa, tata krama dan ditutup dengan  sholat dzuhur berjamaah.

Adapun pemateri kegiatan MATSAMA ini adalah guru MTsN 1 Kendari yang kompeten dibidangnya, dengan melibatkan seluruh pengurus OSIM dan pembinanya serta para wakamad dan staf tata usaha. (Yst)

Berita lainnya