Kakanwil Kemenag Sultra Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H

Rahmad. S.Pd., M.Pd 15-06-2018 (08:00:32) Berita 150 times
Kendari (Inmas Sultra) ---Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. Abdul Kadir, M. Pd. mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Ucapan tersebut ia sampaikan sesaat usai lebaran Idul Fitri di Masjid Al Alam dan melalui acara di TVRI Sultra Jumat (15/6).

Ia menuturkan bahwa tradisi ucapan selamat lebaran, baik Idul Fitri sangat baik untuk dilakukan sebagai wujud rasa syukur ke hadirat Allah Ta'ala. Menurutnya, setelah sebulan umat Islam menjalankan perintah puasa di bulan Ramadhan dengan beragam rangkaian ibadah ada sebuah harapan kembali ke fitrah dan membuka lembaran baru untuk meraih derajat Taqwa.

"Kita patut bersyukur kehadiran Allah Swt. Kali ini kita sudah memasuki 1 Syawal sebagai pertanda kita telah menyelesaikan seluruh rangkaian amaliah Ramadhan selama 29/30 hari. Kita banyak berharap semoga perjalanan ibadah Ramadhan kita mangantarkan kita pada nilai- nilai kemanusiaan dalam fitrah kita untuk mencapai derajat taqwa." Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Abdul Kadir, M. Pd. 

Abdul Kadir juga menyampaikan bahwa Seiring dengan memasuki 1 Syawal yang kita kenal dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri, ini pertanda bahwa kita telah berhasil menjalankan ibadah puasa yang diiperuntukkan khusus oleh Allah subhanallahu wata’ala bagi orang-orang yang bertaqwa. 

Pada momentum lebaran kali ini Abdul Kadir juga menyampaikan harapannya semoga Idul Fitri telah mengembalikan fitra kemanusiaan yang sesungguhnya

"Kita banyak berharap mudah-mudahan dalam pelaksanaan puasa di mana kita dituntut untuk berjuang melawan hawa nafsu, melewati segala tantangan dan godaan. Mudah mudahan kita membuka lembaran baru dengan ucapan takbir, tahmid, dan tahlil sebagai pertanda kita telah lulus dari ujian yang diberikan Allah" Tandasnya.

Lanjut Abdul Kadir Saya mengajak kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat mudah-mudahan dengan mengakhiri bulan suci Ramadhan dan memasuki 1 Syawal menjadi pertanda bahwa kita telah kembali pada fitrah. Fitrah dalam pengertian bahwa kita telah meraih kemenangan kembali pada nilai-nilai kemanusiaan kita seperti awal kelahiran.

Abdul Kadir yang juga sebagai mantan Ketua Senat IAIN Kendari ini, menyampaikan pesan penting bahwa ada tiga hal penting untuk kaum muslimin dan muslimat.

Pertama, dengan selesainya bulan Ramadhan, kita semakin meningkatkan ibadah sosial kita terhadap sesama manusia, yakni menekankan pada tingkat sensifitas kemanusiaan dengan saling menolong dan membantu terhadap sesama manusia 

Kedua, pelaksanaan ritual-ritual keagamaan akan terukur pada semakin intensnya kita dalam melaksanakan ibadah-ibadah baik secara personal maupun kelompok. 

Ketiga, kita akan selalu berusaha memelihara nilai-nilai kejujuran, keikhlasan, kebersamaan dan kemandirian kita sebagai implikasi dari ibadah puasa yang ditempah selama 30 hari. 

Kita bermohon kepada Allah, semoga senantiasa membimbing dan merahmati kita, sehingga apa yang kita dapatkan baik secara intelektual melalui ceramah, diskusi di berbagai macam media akan memperkaya pengetahuan dan pengalaman keislaman kita. Kemudian secara spiritual akan membantu meningkatkan kedalaman spritual setiap muslim dan muslimat di mana pun berada. 

Di akhir ucapannya beliau berharap, semoga Allah senantiasa membimbing dan merahmati kita dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan. Pungkasnya.

Berita lainnya