Kakanwil Kemenag Sultra Tatap muka Dengan Jajaran Kemenag Muna Barat

Syech 30-10-2017 (09:08:49) Berita 213 times

Ka. Kanwil Kemenag Sultra Saat Memberikan sambutanLaworo, (Inmas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Abdul Kadir, M.Pd, didampingi Kasubbag Hukum dan KUB dan Kasubbag Informasi dan Humas melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kementerian Agama Kab. Muna Barat, Sabtu, (28/10/2017).

Dalam kunjungan kerja tersebut, dilaksanakan tatap muka dengan seluruh jajaran ASN Kementerian Agama Kab. Muna Barat baik para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Fungsional PNS dan Non PNS dan unsur Dharma Wanita Kantor Kementerian Agama Kab. Muna Barat.
Turut hadir dalam tatap muka tersebut, Wakil Bupati Muna Barat, Ketua DPRD Muna Barat, Camat Barangka, Kapolsek Lawa dan perwakilan Forum komunikasi Pimpinan Daerah Kab. Muna Barat.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Abdul Kadir, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan semakin hari aparat Kementerian Agama sebagai garda terdepan dalam hal pembinaan kualitas umat beragama diperhadapkan dengan tuntutan kualitas layanan yang semakin baik.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Kakanwil, “seluruh ASN di lingkungan Kementerian Agama dituntut untuk memiliki komitmen yang tinggi terhadap pelaksanaan tugas-tugasnya yaitu adanya tingkat keberpihakan terhadap pelaksanaan tugas, ada tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan ada rasa malu jika sekiranya kita gagal melaksanakan tugas yang dibarengi dengan memperbaiki kualitas kompetensi yang dimiliki.”

Dikatakannya, selaku Kakanwil, yang diamanahkan pemerintah oleh Kementerian Agama adalah melaksanakan tujuh program strategis Kementerian Agama. secara umum, di antaranya melakukan penataan dan penguatan kelembagaan pendidikan, membangun lembaga Keagamaan dan meningkatkan kualitas peran Kementerian Agama dalam menjabarkan tugas dan fungsi baik menyangkut kualitas penyelenggaraan haji dan kualitas kehidupan umat beragama.

Penataan dan penguatan kelembagaan pendidikan sangat diperlukan. Saat ini, madrasah memiliki posisi yang sama dengan sekolah umum yang dapat dilihat dari performance, kualitas lulusan karena posisi di Undang-Undang adalah sama. Sedangkan, penguatan kelembagaan kegamaan, institusi-institusi keagamaan seperti mesjid, langgar, gereja, pura, kita buat menjadi terang untuk mendekatkan umat dengan tempat ibadah. Hanya dengan pilihan-pilihan seperti itu, tingkat keragaman di bangsa yang sangat heterogen ini bisa terjaga dan terpelihara dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Terkait kualitas kehidupan umat beragama, Kakanwil menjelaskan bahwa perlunya memelihara nilai-nilai keragaman dan kebhinekaan dengan menghidupkan kearifan budaya. Nilai itulah yang harus dipelihara karena nilai-nilai itu yang bisa membesarkan, mengembangkan dan bisa bertahan di tengah-tengah kehidupan arus globalisasi yang sangat kuat.

Olehnya itu Kakanwil berharap kepaada seluruh jajaran ASN untuk memiliki pemahaman agama baik, yang dikaji dari sumbernya dan mendapat bimbingan dari guru yang tepat maka kita akan menjadi orang-orang teladan dalam hidup yaitu teladan dalam keadilan, kesederhanaan, kejujuran dan kedisiplinan.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Muna Barat, Kammarudin, dalam pengantarnya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak Kakanwil dan Rombongan di kab. Muna Barat dalam rangka melakukan pembinaan Aparatur Sipil Negara lingkup kantor Kementerian Agama Kab. Muna Barat.

Disampaikannya, sejak adanya lembaga Kementerian Agama Kab. Muna Barat, kurang lebih satu setengah tahun, semua program dan kegiatan Kementerian Agama Kab. Muna Barat selalu bersinergi dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah Kab. Muna Barat mulai dari pelaksanaan STQ, MTQ dan Lasqi, Penyelenggaran Haji, pelaksanaan Isbat Nikah, pemberian insentif Imam Mesjid, penyerahan tanah lokasi pembangunan kantor Kementerian Agama Kab. Muna Barat.

Program Kantor Kementerian Agama Kab. Muna Barat ke depan adalah Menuntaskan Buta Baca Al Qur’an dan Penentuan Arah Kiblat Mesjid sehingga di Kab. Muna Barat sehingga sudah tidak ada lagi yang yang tidak tahu baca Al Qur’an dan tidak ada lagi mesjid yang tidak sesuai arah kiblatnya,” ungkapnya.

Usai melakukan tatap muka, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Abdul Kadir, M.Pd meresmikan penggunaan Gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Muna Barat yang ditandai dengan penanda tanganan berita acara peresmian gedung MIN Lapokainse yang saat ini telah berubah nama menjadi MIN 2 MUNA. Dalam peresmian tersebut turut disaksikan oleh Wakil Bupati Muna Barat, dan Ketua DPRD Kab. Muna Barat.

Berita lainnya