Kakanwil Kemenag Sultra Lantik Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari

Waliullah, S.Ip 12-01-2018 (19:02:29) Berita 582 times
Kendari, (Inmas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Abdul Kadir, M.Pd, melantik Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Kendari dan Kepala Urusan Tata Usaha MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Jum’at, (12/1).

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil melantik Abdul Basit, S.Ag., MM, sebagai Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari pertama setelah dinyatakan lulus dalam seleksi kepala Madrasah secara nasional dan resmi menjadi kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari berdasarkan Surat Keputusan nomor : 03/kw.24/kp.07.6/1/2018.

Selanjutnya, Muh Akbar, S.EI dilantik menjadi Kepala Urusan Tata Usaha MAN Insan Cendekia Kota Kendari berdasarkan Surat Keputusan Nomor : B-103/Kw.24/Kp.07.6/1/2018.

Bertindak sebagai Saksi adalah Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra, Mansur, S.Pd., MA dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Samsuri, S.Ag., S.Pd., M.Pd.

Dalam arahannya, Kakanwil Kemenag Sultra, Dr. Abdul Kadir, M.Pd mengatakan memimpin sekolah yang baru, memiliki dinamika dan tuntutan serta tantangan yang tidak mudah. MAN IC adalah madrasah yang memiliki kekhususan dalam banyak hal. Yang menjadi kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan adalah mereka yang proses penempatannya telah melalui seleksi untuk mendapatkan hasil yang baik.

“Dari aspek managerial, aspek tenaga pendidik dan tenaga kependidikannya adalah mereka yang terbaik lingkup Kementerian Agama se Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Kepada pejabat yang dilantik ia berpesan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan Jika ingin memajukan sekolah. Yang pertama adalah seorang manager harus memiliki kedalaman spiritual. kedalaman spiritual inilah yang akan menjadi modal bisa berinteraksi, berkomunikasi, dengan alam ini semuanya bisa dibuat indah karena kedalaman religiusitas kita.

Kedua seorang Kepala Madrasah dan seluruh unsur harus memiliki keagungan Akhlak. keagungan Akhlak menjadi dasar untuk menjadi teladan yang bisa dicontoh dalam mewariskan hal-hal yang dianggap baik untuk mentransfer baik yang namanya knowledge, atau nilai-nilai yang diyakini baik nilai-nilai spiritualitas maupun nilai-nilai lokalitas yang dianggap bisa memperkaya khasanah pendidikan ditempat ini. Tanpa memiliki keagungan akhlak itu, proses transformasi pengetahuan, keterampilan, akan mengalami hambatan.

selanjutnya, Kepala Madrasah dan tenaga pendidik harus memiliki kematangan kompetensi. kematangan kompetensi ini adalah menjadi guru professional yang memiliki penguasaan, wawasan yang komprehensip dalam disiplin ilmu yang dibidangi.

Keempat, memiliki waktu yang memadai yang dibutuhkan oleh tugas-tugas kita.

Ia juga berpesan kepada jajaran MAN IC Kendari untuk memiliki komitmen yang sangat tinggi terhadap tugas yang diamanahkan, sebagai bagian dari pengabdian yang tak dipisahkan dari aktivitas sehari-hari.

Diakhir acara Kakanwil juga menyerahkan SK kepada tenaga pendidik dan kependidikan lingkup MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Ditemui ditempat terpisah, Kepala MAN IC Kota Kendari, Abdul Basit mengatakan ada tiga hal yang menjadi target pengembangan kedepan yang akan dilakukan sesuai visi misi yaitu, pertama untuk siswa target olimpiade, kedua target ujian nasional plus masuk perguruan tinggi, dan ketiga yaitu penguatan guru.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, Drs. Joko, M.Pd, Kasubbag Ortala dan Kepegawaian, Rahman Ngkaali, S.Ag., M.Pd, Kasubbag Informasi dan Humas, Rahmad, S.Pd., M.Pd, Jajaran eselon IV Kemenag Kota Kendari serta para guru MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Berita lainnya