Kakanwil Kemenag Sultra Gabung Komisi 2 Bahas Program Layanan Publik Kemenag

Rahmad. S.Pd., M.Pd 30-01-2018 (15:05:50) Berita 123 times
Foto kakanwil saat Sidang Komis II yang membahasa tentang Perioritas Terkait Peningkatan Pelayanan Publik Kemenag di Ruang Puri Agung Ballroom Sahid Hotel Jaya Jakarta Pusat. Selasa (30/1/2018

Jakarta (Inmas Sultra) --- Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama tahun 2018 memasuki hari kedua di mana para peserta Rakernas dibagi menjadi tiga komisi. Dalam pembagian sidang komisi tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Sultra Dr. Abdul Kadir, M. Pd. tergabung di Komisi 2 yang membahas Kegiatan Perioritas terkait Peningkatan Pelayanan Publik Kementerian Agama, dengan beberapa pembahasan di antaranya: (1) E- Goverment dan Layanan Online Komunikasi, (2) Sarapan Bersama Penyuluh Agama (SAPA), (3) Pengelolaan Medsos, (4) Ngobrol Soal Haji (NGAJI), (5) Pembinaan Rumah Ibadah, (6) Standarisasi Ceramah. (7) Halal Indonesia, dan (8) SBSN.

Abdul Kadir menerangkan, program perioritas Kemenag 2018 yang dibahas tersebut merupakan program perioritas yang merupakan inovasi penyelenggaraan sebuah kegiatan, meskipun ada program lama namun dimodifikasi menyesuaikan relavansinya dengan jaman "Now".

"Kegiatan sidang komisi ini merupakan kegiatan yang dikemas untuk menyerap aspirasi semua pihak untuk penyempurnaan program perioritas ini. Semua aspirasi peserta Komisi 2 setelah ada hasilnya nanti dapat diaplikasikan sesuai kondisi di Kanwil masing-masing terutama di Kanwil Kemenag Sultra," katanya. 

Abdul Kadir menilai, sidang komisi tersebut sangat penting diikuti, mengingat peserta yang tergabung dalam kegiatan tersebut adalah para pimpinan Kemenag tingkat daerah, pimpinan Perguruan Tinggi Agama serta ketua lembaga/badan di Kemenag RI. "Hasil Aspirasi dari peserta komisi ini, dapat menambah wawasan pengalaman yang nantinya dibagi serta informasi yang diterima dari sidang Komisi ini tentunya akan sangat berkualitas," terangnya. 

Lebih lanjut Abdul Kadir menjelaskan sekaligus merespon positif gelaran yang Rakernas kali ini yang berbasis IT dengan menggunakan aplikasi microside yang juga menerapkan papperless, sehingga berdampak pada pemenuhan kepuasan publik, peningkatan citra Kemenag, dan kinerja ASN. untuk melayani dengan ikhlas dan berintegritas.

"Patut direspon positif langkah dan gebrakan Menteri Agama RI terhadap penguatan kelembagaan Kemenag dalam penataan sistem layanan publik pada masyarakat berbasis IT. Layanan ini dimulai terlebih awal pada layanan internal pada rakernas mulai sistem pendaftaram peserta raker, absensi peserta maupun pemberian layanan materi pemaparan dari narasumber. Rakernas kali ini, tampil dengan wajah baru dan sistem baru. Ini adalah awal dan selanjutnya akan dilakukan pada layanan eksternal. Sehingga berdampak pada pemenuhan kepuasan publik, peningkatan citra Kemenag, dan kinerja ASN. untuk melayani dengan ikhlas dan berintegritas" terangnya.

Sidang Komisi 2 tersebut dilaksanakan di ruang Puri Agung Ballroom Sahid Hotel Jaya Jakarta Pusat. Sementara untuk Komisi lainnya dilaksanakan di tempat terpisah di hotel yang sama.

Selanjutnya, semua peserta dari masing-masing Komisi nanti akan dipertemukan kembali dalam satu ruangan pada kegiatan sidang pleno dan perumusan hasil dari sidang masing-masing Komisi.(Rhd)

Berita lainnya