Kakanwil Kemenag Sultra Apresiasi atas Raihan Prestasi MTs Negeri 2 Konawe sebagai Penerima Adiwiyata Nasional

Rahmad. S.Pd., M.Pd 22-12-2017 (07:00:57) Berita 223 times
Foto Bersama dengan Tim work Adiwiyata MTsN 2 Konawe Usai Penganugerahan Adiwiyata Nasional di Area Gedung Auditorium Manggala Wanabakti, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Slipi, Jakarta Pusat
 
Jakarta (Inmas Sultra) Program Adiwiyata dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup. Penghargaan Adiwiyata diberikan setiap tahun kepada lembaga pendidikan yang dinilai peduli terhadap kelestarian lingkungan. Program ini bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah atau madrasah untuk menjadi tempat pembelajaran, dan penyadaran warga sekolah sehingga menjadi generasi yang bertanggung jawab dalam penyelamatan lingkungan.
 
Penghargaan tersebut diberikan kepada 423 sekolah dan madrasah yang telah memenuhi kriteria sebagai sekolah Adiwiyata nasional. Di Sultra sendiri hanya 10 sekolah penerima adiwiyata nasional. MTs N 2 Konawe merupakan Satu-satunya perwakilan madrasah yang lolos bahkan tanpa verifikasi.  Kepastian diraihnya penghargaan ini setelah Pemerintah DLH Provinsi mendapat surat undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bernomor UN.33/p25DM/LATMAS/SDM.2/ 12/2017 Tertanggal 13 Desember 2017. Penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Manggala Wanabakti, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Slipi, Jakarta Pusat.
 
Program Adiwiyata adalah insentif dan bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menunjukan komitmen dan mau bekerja keras untuk bisa memenuhi 4 (empat) komponen yang ditentukan yaitu kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan berbasis partisipatif, dan sarana-prasarana pendukung pendidikan lingkungan.
 
Kepala Kanwil Kemenag Sultra sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh MTs Negeri 2 Konawe sebagai satu-satunya madrasah penerima penghargaan adiwiyata nasional dari 707 madrasah di Sultra.
 
“Pertama saya ucapkan selamat sukses atas raihan MTs N 2 Konawe atas capaiannya mendapatkan  anugerah kehormatan ini. Ini tentu capaian yang tidak muda,  Ini hasil kerja keras kerjasama mewujudkan impian untuk menjadikan sekolah itu menjadi sekolah  yang diharapkan oleh banyak orang tua  masyarakat dan daerah menempatkan anak-anak mereka di situ. Oleh karena itu, capaian ini tidak menjadikan kita terlalu cepat puas tapi capaian ini menyadarkan kita bahwa untuk meraih sesuatu yang sangat berharga atas nama lembaga baik pada  tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Kata beliau di sela-sela kesibukannya setelah presentasi di hadapan Watimpres di Jakarta.
 
Selain itu, kakanwil juga menghimbau kepada MTs Negeri 2 Konawe untuk tidak terlalu cepat puas dengan apa yang dicapai sekarang tetapi harus ditingkatkan. Beliau mengharapkan untuk kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait.
 
“ Itu menjadi awal sekaligus  spirit untuk selalu bekerja lebih keras dengan bekerja sama dengan semua unsur pemerintah, tokoh-tokoh masyarakat maupun hubungan kerja sama antarlembaga yang lainnya. Dengan begitu menjadikan kita sebagai sekolah yang tidak hanya sukses meraih prestasi tetapi sukses membuka akses dengan lembaga-lembaga lain dan itulah awal dari kesuksesan yang diraih oleh lembaga secara profesional.” Ungkap kakanwil.
 
Kakanwil Dr. Abdul Kadir, M. Pd. juga memberikan apresiasi kepada kepala MTs Negeri 2 Konawe dan kepada guru dan siswa yang telah berupaya dengan maksimal dan berkerja sama untuk mewujudkan madrasah adiwiyata nasional.
 
Kakanwil juga mengharapkan kepada madrasah lain di Sultra bisa mengikuti jejak MTs Negeri 2 Konawe untuk menuju adiwiyata nasional. Bahkan beliau mengharapkan agar MTs Negeri 2 Konawe bisa mempertahankan raihan ini dan meningkatkan pelayanannya sehingga bisa maju ke jenjang yang lebih tinggi yaitu adiwiyata mandiri. Diharapkan dengan raihan Adiwiyata nasional ini dapat memacu dan menginspirasi madrasah lain untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup.
 
Turut hadir dalam penghargaan adiwiyata nasional di auditorium Manggala Wana Bhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ada wakil Bupati Konawe, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe, Kepala Bidang pada DLH Provinsi Sultra. (Rhd)
 

GALLERI FOTO

Kakanwil Kemenag Sultra Dr. Abdul Kadir, M. Pd. Apresiasi atas Raihan Prestasi MTs Negeri 2 Konawe sebagai Penerima  Adiwiyata Nasional
Rahmad. S.Pd., M.Pd 21-12-2017 (23:07:57)

Kakanwil Kemenag Sultra Dr. Abdul Kadir, M. Pd. Apresiasi atas Raihan Prestasi MTs Negeri 2 Konawe sebagai Penerima Adiwiyata Nasional

Kakanwil Kemenag Sultra Apresiasi atas Raihan Prestasi MTs Negeri 2 Konawe sebagai Penerima  Adiwiyata Nasional
Rahmad. S.Pd., M.Pd 23-12-2017 (23:15:31)

Kakanwil Kemenag Sultra Apresiasi atas Raihan Prestasi MTs Negeri 2 Konawe sebagai Penerima Adiwiyata Nasional

Berita lainnya