Kakanwil Kemenag Sultra : Bulan Ramadhan Sebagai Momentum Meraih Predikat Muslim yang Spiritualis

Rahmad. S.Pd., M.Pd 10-06-2018 (06:01:38) Berita 111 times
Labungkari, (Inmas Sultra)-—Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sultra melaksanakan safari Ramadhan di Kab. Buton Tengah Sabtu malam (9/6/18). Safari Ramadhan yang dilaksanakan di Mesjid Nurul Huda Gu Kec. Lakudo, Dr. Abdul Kadir, M. Pd memberikan ceramah agama di hadapan para jamaah dengan beberapa ajakan untuk cepat insyaf dan berlomba untuk bertaubat kepada Allah SWT.

Dalam ceramahnya, Kakanwil Kemenag Sultra menyampaikan bahwa di Bulan Ramadhan ini penuh dengan rahmat Allah yang sulit bahkan tidak bisa didapatkan pada bulan-bulan yang lain. 

“Kita tentu bersyukur dengan adanya bulan Suci Ramadhan ini, karena di dalamnya penuh dengan rahmat Allah SWT. Di antara rahmat Allah adalah adanya shalat tarawih yang dapat kita laksanakan di bulan suci Ramadhan ini dan tidak ada di bulan yang lain. Rahmat yang lain adalah kesempatan untuk beribadah dan membaca Alquran jauh lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain” ungkapnya.

“Saat ini kita sudah melewati 2 fase di Bulan Ramadhan, yaitu rahmatnya insya kita sudah kita dapatkan dan Pengampunan juga insya Allah kita dapatkan, tetapi ini tergantung pada usaha kita, dan yang pasti Allah sudah memfasilitasi kita melalui bulan Ramadhan ini untuk cepat beristigfar atau menginisiasi diri atas segala keterbatasan pada dosa-dosa kita di masa lalu” lanjutnya.

Masih dalam ceramahnya, Abdul Kadir mengatakan “Manusia sejak keluar rumah bahkan sebelum keluar rumah sudah diuji dengan berbagai dosa terutama dengan adanya HP android. Dengan canggihnya teknologi, setiap kita membuka HP, kadang ada beberapa yang tidak pantas untuk kita lihat. Kualitas iman dalam tasawuf modern jika mau menjadikan diri itu lebih tinggi maka kita harus mempuasakan mata dan telinga kita dari apa-apa yang tidak pantas untuk dilihat dan didengar”. Tandasnya

“Makin tinggi tingkat pendapatannya seseorang, semakin tinggi kedudukan seseorang, semakin besar peluang godaanya baik laki-laki maupun perempuan. Makanya untuk menjadi benteng, Allah mendatangkan bulan Ramadhan untuk mendekatkan diri agar ada proses keinsafan dan menyadarkan sehingga dalam neraca pahala dan dosa seimbang atau paling tidak kita memanfaatkan baik dalam bentuk kekhilafan dosa kecil sampai pada dosa besar kalau kita bertafakur memohon ampunan-Nya insya Allah kita akan mendapatkan ampunan-Nya” ungkapnya.

Dr. Abdul Kadir juga memberikan gambaran kehidupan di Arab dan di Indonesia bahwa di Arab ketika ia sakit, ia akan bersedekah dulu sebelum ke dokter. Karena mereka lebih percaya resep agama dari pada resep dokter. 

“Mari tahun ini kita ubah pola, kalau harta kita sudah memenuhi nasabnya untuk kita keluarkan sedekah maka kita keluarkan, insya Allah akan terjamin hampir tidak ada kecurian dan insya Allah tidak akan gampang diserang oleh berbagai penyakit” imbuhnya. 

Sebelum ditutup, Kakanwil Prov. Sultra memuji kemegahan Mesjid Nurul Huda Gu, dan bersyukur kepada Allah karena diberikan kesempatan untuk bersilaturahmi di Buton Tengah. Selain itu, Dr. Abdul Kadir, M. Pd berpesan bahwa bulan suci Ramadan ini untuk memperkukuh, memperdalam keyakinan keberagamaan sehingga kita meraih predikat sebagai seorang muslim yg memiliki kedalaman spiritual yang sangat bagus. 

“Orang yang dalam spritualnya adalah orang yang memiliki komitmen yang sangat tinggi keberpihakan pada agamanya memanggil kultur agamanya pada saat menyentuh 3 hal, yang pertama ketika Allah Izzati dipersoalkan maka dia tidak boleh lagi berpikir takut pada kematian. Yang kedua ketika nabi kita sudah disinggung-singgung setelah Allah maka kita harus menunjukan saya adalah muslim. Dan ketiga ketika kitab suci kita sudah disinggung-singgung maka kita harus berdiri menunjukkan diri” pungkasnya.

Hadir pula dalam safari Ramadhan Kabid Penma Kanwil Kemenag prov. Sultra, Mansur, S. Pd., M.A, Kepala Kemenag Buteng, Muchtar, S. Ag, M.A, Kepala Kemenag Buton, Drs. H. Mukhtar, S. Pd.I, Kepala Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, S. Pd.I, M. Pd, Kasubag TU Kemenag Buteng, Habirun Ndanguru, M. Pd, Kasi Pendis kemenag buteng, Basiuddin, S. Pd.I, M. Phil, dan Para ASN Lingkup Kemenag Kab. Buteng.(ind)

Berita lainnya