Kakanwil Kemenag Sultra Buka MTQ Ke-44 Kab. Kolaka

Nisa Nurhayati. S.I.K 04-02-2018 (20:48:19) Berita 99 times
Kendari (Inmas Sultra)--- Kakanwil Kementerian Agama Prov. Sultra, Dr. Abdul Kadir, M.Pd membuka MTQ ke 44 Tahun 2018 ditandai dengan penekanan tombol sirine Bersama Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, Sabtu (3/2) di Kecamatan Toari Kab. Kolaka.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin yang juga sebagai ketua LPTQ Kab. Kolaka, Ketua dan Anggota DPRD Kab. Kolaka, Kepala Kantor Kemenag Kab. Kolaka, Abdul Azis Baking, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Kolaka, Zakaria, Para Kepala SKPD lingkup Pemkab. Kolaka, para Dewan Hakim dan Panitia Penyelenggara MTQ Ke-44 tingkat Kab. Kolaka, Para Alim Ulama Dan Tokoh Adat se-Kab. Kolaka, para Camat dan Lurah  se-Kab. Kolaka,  serta Kafilah MTQ  kecamatan se- Kab. Kolaka.

Menurut Kakanwil, momentum pelaksanaan MTQ pada tahun ini hendaknya bisa dijadikan sebagai salah satu tonggak dalam rangka membina qori’ dan qori’ah, hafizh dan hafizhah, khathath dan khathathah, mufassir dan mufassirah  untuk lebih menuju kemandirian. Mengingat pelaksanaan kegiatan MTQ merupakan agenda rutin Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Kakanwil selanjutnya menegaskan bahwa peserta yang juara pada MTQ Kab. Kolaka, nantinya akan mewakili wilayahnya untuk lomba di tingkat Provinsi se Sulawesi Tenggara.

” MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara nantinya akan berlangsung mulai tanggal 18 s.d 28 maret 2018 di Kab. Buton Utara, maka dari itu juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ ke-44 tingkat kabupaten kolaka ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewakili Kab. Kolaka” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Abdul Kadir menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas terlaksananya MTQ ke-44 Kab. Kolaka yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan.

“Untuk itu, mari kita tingkatkan upaya dalam melakukan pemberantasan buta huruf Al-Qur’an dengan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan di dalam kehidupan bermasyarakat.”  Tutupnya.

Sebelumnya Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, dalam sambutannya menjelaskan MTQ kali  ini tentu tidak sekedar bermakna sebagai penguatan syiar islam tetapi lebih dari itu diharapkan MTQ kali dijadikan sebagai salah satu barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran AL Quran yang selama ini berlangsung  di masyarakat Kab. Kolaka  melalaui Taman Pengajian Alquran (TPA) yang tersebar di 12 Kecamatan yang ada di  Kab. Kolaka.

“Salah satu program yang kita jalankan didalam mewujudkan generasi Qur’ani adalah dengan memprogramkan terbentuknya 1000 TPA  yang nantinya tersebar di seluruh wilayah Kab. Kolaka, dan Alhamdulillah sampai hari ini, telah terbentuk  500 TPA.” Ujar Ahmad Safei.
 

Berita lainnya