Kakanwil Buka Dialog Kerukunan di Konawe Kepulauan

Rio Tufail Ramadhan. SH 08-11-2017 (15:40:39) Berita 188 times

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Abdul Kadir, M.Pd, membuka sekaligus menyampaikan materi pada kegiatan Dialog Kerukunan Umat Beragama Tingkat Kecamatan di Kabupaten Konawe Kepulauan. Selasa (7/11).

Acara yang dipusatkan di MTsN 2 Konkep Wawonii Tengah turut dihadiri Bupati Konkep, H. Amrullah ini merupakan agenda Kemenag dalam rangka mendekatkan diri melayani masyarakat sesuai dengan tema memantapkan trilogi kerukunan umat beragama.

Kepala Kemenag Konkep H. Jamaruddin melaporan kondisi masyarakat di Konawe Kepulauan secara umum saling membantu satu sama lain baik antara penduduk asli maupun penduduk yang datang dan menetap.

Dirinyapun berharap dengan kedatangan Kakanwil di wilayah baru ini dapat memberikan kemajuan selangkah demi selangkah.

Selanjutnya Bupati Konkep H. Amrullah, menjelaskan salah satu komitmen masyarakat yang dipimpinnya yakni menerima hoterogenitas warga Kab. Konkep. "Dengan segala semangat daerah baru merupakan modal dasar pmerintahan yg baik dan sejahtera dengan dukungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kita bersatu padu membangun daerah.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sultra Dr. Abdul Kadir mengatakan
Radikalisme dalam agama bukan milik satu umat saja, faham ekstrimis menganggap dirinya paling benar, dan fanatik terhadap ajaran satu sumber ilmu (guru), inilah yang menjadi penghalang terwujudnya kedamaian.

Untuk mencegah generasi penerus bangsa masuk kedalam faham tersebut Kakanwil berpesan Pertama Menjaga dan mendorong anak-anak kita membaca dan memahami sumber kitab suci.

"Semakin luas kita memahami ajaran agama maka semakin dewasa melihat perbedaan, kita semakin matang dan dewasa," ungkap Dr. Abdul kadir.

Hal kedua yang tak kalah pentingnya dengan mendekatkan anak kita pada rumah ibadah, mengajarkan anak tentang prinsip-prinsip beragama.

Inilah pentingnya prinsip beragama, menjaga kerukunan antar dan internal umat beragama serta umat dengan pemerintah itu penting karena kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain dan pemerintah yang selalu mengakomodir kepentingan masyarakatnya.

Hal ketiga yang dipesankan kepada umat, Mari kita pelihara kebersamaan.
"lebih baik kita dialog dan berdiskusi daripada terprovokasi isu-isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Mari kita merajut keberagaman dengan menjaga nilai-nilai budaya yang telah diperkenalkan orang tua kita," pesan Kakanwil.

Turut hadir pada acara tersebut, Anggota DPRD Kab. Konkep, Kepala Kesabngpol Konkep, Kepala Subbag Hukum dan KUB, Kasi Siskohat Kanwil Kemenag Sultra serta para Kepala Madrasah dan KUA se Kab. Konkep.

Berita lainnya