Jelang MTQ XXVII Sultra, Kemenag dan Pemkab Butur Terus Berbenah

Rahmad. S.Pd., M.Pd 20-01-2018 (10:27:28) Berita 163 times

Buranga (Inmas Sultra) – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) semakin dekat. Buton Utara (Butur) sebagai tuan rumah terus berbenah dengan berbagai aspek baik aspek fisik maupun aspek non fisik. Beberapa bangunan penunjang pertandingan telah dibangun, seperti Islamic Center, pembangunan Masjid, jalanan yang terus ditingkatkan.
 
Bupati Butur, Abu Hasan mengatakan, pihaknya punya opsi untuk mensuseskan MTQ, diantaranya aspek fisik yakni infrastruktur sarana dan prasarana.
 
“Kita sedang mendorong provinsi untuk segera menyelesaikan jalan provinsi, untuk jalan kabupaten sedang dikerja,” kata Abu Hasan, di Ereke.
Dengan digenjotnya aspek fisik, sambung mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini, seluruh kafilah dari berbagai kabupaten bisa nyaman. “Misalnya jalur yang baik, tentunya kafilah yang melintas akan merasa nyaman,” imbuhnya.
 
Selain itu, pria berkacamata itu mengaku, telah memerintahkan seluruh camat untuk membersihkan jalanan yang akan dilewati peserta MTQ. Begitupun dengan pihak keamanan, diminta untuk segera memberantas judi dan minuman beralkohol agar tidak mewarnai dan menodai pelaksana MTQ.
 
“Pelaksanaan MTQ ini harus sukses, karena pelaksanaan MTQ tingkat provinsi ini dipercayakan kepada kita. Olehnya itu, saya berharap jajaran Kementerian Agama menjadi garda terdepan untuk suksesnya pelaksanaan ini, “terang Abu Hasan.
 
Pasalnya, tambahnya diprediksi MTQ yang bakal digelar bulan Maret mendatang, sebanyak 5000 orang akan berkunjung di kabupaten paling utara Pulau Buton itu.
 
“Pelaksanaan MTQ diadakan selama lebih sebelas hari, kurang lebih 5000 manusia akan ada di Buton Utara. Makanya, bukan hanya kita siap infrastruktur, tapi harus siap semuanya, mental dan kondisi sosial harus stabil,” harapnya.

Di tempat terpisah Kepala Kemenag Kabupaten Butur H. Muh. Shaleh menjelaskan bahwa pihaknya telah menginstruksikan semua ASN dan non-ASN untuk berkantor di Kemenag Butur di Ereke. Hal ini dijelaskannya untuk mendukung optimalisasi pelaksanaan Persiapan MTQ ke-27 di Kabupaten Butur.
 
“Saya telah menginstruksikan seluruh potensi yang dimiliki Kemenag Butur mulai tanggal 01 Maret 2018 seluruh ASN dan pegawai non-ASN semuanya akan berkantor di Kemenag Butur di Ereke. Publikasi pelaksanaan MTQ Tk. Prov. Sultra di Butur serta tugas-tugas kepanitiaan lain yang telah diamanahkan kepada Kemenag Butur.” Paparnya.

Menyinggung masalah komitmen Kemenag Butur pelaksanaan MTQ Ke-27 bulan Maret 2018 H. Muh. Shaleh yang juga mantan Kepala Kemenag Busel ini, pihaknya menjelaskan “Semua Ini kita lakukan sebagai bagian dari komitmen Kemenag Butur dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ kali ini di mana Kabupaten Butur diberi amanah sebagai tuan rumah.” ditambahkannya “Insya Allah mulai tahun ini seluruh seluruh ASN yang menerima tukin, dan tunjangan sertifikasi guru pada Kemenag Butur dihimbau untuk menyalurkan zakat profesi yg akan dipetuntukkan kegiatan sosial keagamaan. Ungkapnya.(rhd).
 
 

Berita lainnya