JCH Baubau Temui Suhu Ekstrim

Wa Ode Asnani, S.Ip 10-08-2018 (10:47:33) Berita 3 times
Baubau, (Inmas Sultra)--- Perbandingan suhu udara antara Indonesia dan Arab Saudi nampaknya cukup mengkhawatirkan bagi Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Baubau. Pasalnya, dengan suhu lebih dari 47 hingga 48 derajat celcius tersebut, dipastikan akan menguras energi 177 JCH asal Kota Naga itu.
 
Meski suhu udara terbilang ekstrim, JCH Kota Baubau diimbau untuk tetap menjaga kondisi fisik agar tetap bugar dan dapat menjalankan rangkaian ibadah haji. Namun yang paling nyata dampaknya akibat cuaca ekstrim itu adalah dehidrasi yang membuat tubuh menjadi lemah.
 
“Sebelum ke Tanah Suci kami sudah mengingatkan JCH agar sesering mungkin minum air meski tidak haus. Serta hindari aktifitas fisik yang berlebihan, terutama kegiatan-kegiatan di luar rangkaian ibadah haji,” tutur Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, Rahman Ngkaali.
 
Kata dia, suhu ekstrim akan terus berkelanjutan hingga selesai bulan haji yakni Agustus hingga Oktober. Sehingga JCH harus sering-sering menyemprot wajah atau bagian tubuh dengan air, memakai masker basah, dan peralatan penunjang lain saat bepergian ke manapun.
 
“Saat ini jemaah haji kita dalam keadaan sehat semua. Mudah-mudahan hingga tiba di tanah air kondisi mereka tetap terjaga,” tambahnya.
 
Dia menambahkan, saat ini JCH Kota Baubau tengah menjalankan prosesi penyembelihan hewan qurban (dam). Setelah itu JCH akan menjalankan rukun haji menuju Armina yang tidak lain merupakan puncak dari segala rangkaian haji.
 
“JCH kita ini kebanyakan mengambil hati Tamattu. Jadi mereka semua tengah menjalankan umrahnya dan selanjutnya membayar dam,” tutupnya.(RS)
 

Berita lainnya