Jaring Peserta Didik, MAN IC Terapkan Seleksi Nasional

Rio Tufail Ramadhan. SH 30-01-2018 (08:25:30) Berita 143 times
 
Kendari (Inmas Sultra) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia.Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang keimanan dan ketakwaan (IMTAK),menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK),mempunyain wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan benegara.
 
 Disamping itu, keberadaan MAN Insan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai magnet school,yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah –madrasah lain disekitarnya. Pada saat ini terdapat 22 MAN Insan Cendekia di Indonesia,salah satunya berada di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.
 
Dalam upaya penjaminan mutu penyelenggaraan MAN Insan Cendekia, Kementerian agama menerapkan sistem seleksi nasional peserta didik baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia. SNPDB ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.
 
SNPDB MAN Insan Cendekia Kota Kendari Tahun Pelajaran 2018/2019 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi yang dapat dilihat dari berbagai indikator : potensi dasar peserta didik, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analitis, kemampuan menyerap informasi,daya juang, dan kepribadian yang baik serta tes akademik yang meliputi tes bidang studi: Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.
 
Untuk SNPDB MAN Insan Cendekia Kota Kendari Tahun Pelajaran 2018/2019 sesuai kuota yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI sejumlah 96 siswa dengan lokasi tes di : MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Kota Bau- Bau,dan Kabupaten Wakatobi.
 
Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari : Dr.Abdul Basit,S.Ag.,MM menargetkan pendaftar tahun ini sebanyak 500 peserta didik dengan harapan semakin banyak pendaftar maka semakin besar peluang siswa terbaik yang akan menjadi siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari.sistem pendaftaran MAN Insan Cendekia Kota Kendari online dengan cara mengunjungi website : www.madrasah.kemenag.go.id/snpdb2018 atau www.ickendari.sch.id

Berita lainnya