Hadiri Penerimaan Sekolah Adiwiyata, Wabup Konawe Target Adiwiyata Mandiri

Rio Tufail Ramadhan. SH 22-12-2017 (09:53:36) Berita 255 times
Jakarta (Inmas Sultra) --- Wakil Bupati Kabupaten Konawe, Parinringi menghadiri penerimaan penghargaan Adiwiyata Nasional. Penghargaan tersebut diberikan kepada 423 sekolah dan madrasah yang telah memenuhi kriteria sebagai sekolah Adiwiyata Nasional.

Di Sultra sendiri hanya 10 sekolah penerima adiwiyata nasional. Dari kesepuluh penerima penghargaan, dua diantaranya merupakan sekolah yang berasal dari Kabupaten Konawe yakni MTsN 2 Konawe dan SMP 1 Sampara.

Sebagai wakil Pemerintah Kabupaten Konawe, Parinringi mengatakan, dengan  raihan adiwiyata ini tentunya memberikan spirit dan motivasi sekolah yang lain agar bisa memperoleh penghargaan yang sama.

“Dengan adanya penghargaan Adiwiyata ini cukup membantu pemerintah daerah terutama mengenai lingkungan, ini juga merupakan bagian dari upaya membantu daerah yang telah mendapatkan tiga kali adipura secara berturut-turut,”ungkapnya.

Wabup berharap  raihan prestasi yang didapat bisa ditingkatkan menjadi  adiwiyata mandiri, olehnya itu untuk menindaklanjuti prestasi ini dirinya berjanji setelah tiba di daerah akan ada rapat koordinasi lintas dinas untuk memikirkan apa saja hal untuk bisa mencapai ke tingkat mandiri.

“ Kami selaku Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada sekolah yang telah bekerja keras. Nanti kita akan mengirimkan tim terpadu untuk memenuhi syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan agar dapat memenuhinya karena penghargaan buka cuma keindahan dan kebersihan tapi juga administrasi yang lengkap. Ini yang akan kita bina kedepan,”kata Wabup.

Untuk diketahui Program Adiwiyata adalah insentif dan bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menunjukan komitmen dan mau bekerja keras untuk bisa memenuhi 4 (empat) komponen yang ditentukan yaitu kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan berbasis partisipatif, dan sarana-prasarana pendukung pendidikan lingkungan.

Program Adiwiyata dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup. Penghargaan Adiwiyata diberikan setiap tahun kepada lembaga pendidikan yang dinilai peduli terhadap kelestarian lingkungan. Program ini bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah atau madrasah untuk menjadi tempat pembelajaran, dan penyadaran warga sekolah sehingga menjadi generasi yang bertanggung jawab dalam penyelamatan lingkungan.
 

Berita lainnya