Hadir di Muna, Kakanwil : Masyarakat Menaruh Harapan pada Kemenag

Rio Tufail Ramadhan. SH 30-10-2017 (15:44:47) Berita 196 times

Raha (Inmas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra, Dr. Abdul Kadir berkunjung di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muna dalam rangka tatap muka dan sejumlah kegiatan keagamaan.
Dihadapan jajaran ASN Kemenag Muna, Kakanwil menyampaikan arahan dan pesan untuk terus meningkatkan kualitas kerja sebagai aparatur pelayanan umat. Dikatakan, sejak dirinya diberi amanah sebagai kakanwil, Dr. Abdul Kadir memiliki komitmen untuk memberikan penguatan terhadap lembaga pendidikan keagamaan dengan berusaha di setiap Kabupaten/Kota paling tidak memiliki daya saing diantara sekolah umum lain.
“Orang tua memilih madrasah karena diyakini bahwa madrasah jauh lebih menjanjikan tentang keterjagaan anak-anak dari berbagai macam serbuan modernisasi saat ini,”ungkap Kakanwil.

Disebutkan dari sisi kualitas bahwa alumni madrasah diharapkan memiliki tingkat kompetisi yang sangat tinggi dari sekolah konvensional, hal ini ditandai dengan beberapa madrasah di Sultra yang telah menghasilkan alumni terbaik walaupun belum semua memiliki kompetensi yang mempuni, olehnya itu diperlukan penguatan kelembagaan, menjaga reputasi madrasah yang sudah ada.

Yang kedua menjadi perhatian kami, sambungnya bagaimana masjid kita bisa optimal dan fungsional pelaksanaannya, masjid belum difungsikan sebagai pusat pembinaan dan pengembangan nilai-nilai ajaran agama secara utuh.

Hal Ketiga yang menjadi focus perhatian membuat image Kementerian Agama sebagai basis pertahanan dan pengembangan moralitas keagamaan. Ini yang belakangan banyak tercederai, ASN terbawa pada pola hidup dari orang yang tidak menghendaki penerapan nilai agama,
“Itulah mengapa penguatan lembaga sangat penting karena kepercayaan diri mempengaruhi pilihan dalam menyongsong masa depan, ” pesannya.

Lebih lanjut, Kakanwil mengingatkan bahwa menjadi ASN ini adalah tempat pengabdian terbaik di lingkungan Kemenag. Paling tidak ada tingkat kehati-hatian ditengah masyarakat untuk membedakan gaya hidup kita dengan orang lain. Makanya ada kesalahan di Kemenag cepat sekali terbaca, terekspos karena kita seperti kain putih. Ini berarti masyakarat masih menaruh harapan besar terhadap kita.

“Oleh karena itu untuk mewujudkan semua itu, tidak ada pilihan harus memulai menata dengan peningkatkan komitmen sebagai ASN, yakni tingkat tanggungjawab, perhatian dan kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan. Kedua adanya keasadaran kita memperbaiki diri meningkatkan kualitas atau dengan kata lain mematangkan kompetensi yang kita miliki,” harap Kakanwil.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Muna, La Maidu dalam laporannya menyampaikan kondisi ASN dan lembaga Pendidikan yang ada di Kemenag Kabupaten Muna yang berjalan dengan cukup baik, namun besar harapan bagi madrasah untuk terus diminati masyarakat Muna.

“Madrasah yang kita bina semakin hari semakin diminati masyarakat, hal ini tidak lepas dari pembinaan dan sosialisasi Kemenag Sultra dengan berbagai macam inovasi salah satunya bantuan marchine band di madrasah dan bantua lain tentunya,”ungkapnya.

Dirinya pun berharap semoga kepemipinan Kakanwil Kemenag Sultra saat ini membawa rahmat kepada seluruh jajarannya denga memberikan stimulus mengembangkan Kemenag lebih berkembang dan berdaya saing sampai ke taraf internasional.

Turut hadir mendampingi Kakanwil, Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov. Sultra, Ny. Mas Intan Abdul Kadir, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Mansur, Kasubbag Hukum dan KUB, H. Kadir Azis, dan Kasubbag Informasi dan Humas, Rahmad.

Rangkaian acara tatap muka dilanjutkan dengan Dialog Lintas Tokoh Agama se Kabupaten Muna serta Workshop Pengembangan Keprofesian Guru MTsN dan MAN se Kabupaten Muna serta kunjungan ke Madrasah yang ada di Kab. Muna.

Berita lainnya