Gelar Rakor: Kemenag Butur Apresiasi Kinerja ASN

Rahmad. S.Pd., M.Pd 16-04-2018 (14:40:51) Berita 71 times
Kepala Kemenag Buton Utara H. Muh. Saleh, S Ag. M. Pd. I. Saat memberikan arahan di hadapam pesetta Rakor. 

Buranga (Inmas Sultra) ---Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Buton Utara (Butur). Memimpin langsung Rapat Koordinasi (rakor) dihadiri ASN Kemenag Butur, Pegawai Tidak Tetap (PTT), Kepala Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiah (MTs) di aula Kemenag Butur, Senin (16/04/2018)

Dalam arahanya Kankemenag Butur H. Muh. Saleh, S. Ag. M. Pd. I. Menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua staf khususnya yang terlibat dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an XXVII. 

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia, utamanya ASN Kememag Butur. Walaupun ASN Kemenag Butur sedikit, namun kita bisa mensukseskan kegiatan yang begitu besar level Provinsi", ungkapnya.

Hal lain yang menjadi bahasan H. Muh. Saleh dalam rakor adalah mengenai serapan anggaran. Menurutnya serapan anggaran masih rendah.

"Mengenai masalah serapan anggaran untuk satuan kerja (Satker) Kemenag Butur serapan Angaran yang paling minim yaitu di Seksi Pendidikan Islam (seksi Pendis) terutama masalah pencairan TPG guru PAI dan guru Madrasah." Jelasnya. 

Menurutnya, "rendahnya pencairan anggaran ini sangat berpengaruh terhadap serapan anggaran di kemenag Butur." Katanya. 

Mantan kakankemenag Busel ini juga bahas masalah Tunjangan Guru Terpencil (TPG) yang tidak ada di wilayah Butur. Akibatnya sangat berdampak pada serapan anggaran jadi rendah. Adapun yang telah melakukan serapan anggaran dengan baik, pihaknya mengapresiasi yang telah melakukan pencairan dana sehingga serapan anggaran meningkat. 

"masalah Tunjangan Guru Terpencil (TPG) yang tidak ada di wilayah Butur. Hal ini, turut mempengaruhi serapan anggaran di Kemenag Butur. Sedangkan serapan aggaran tertinggi ada di Sekretariat, Haji dan Bimbingan Masyarakat Islam, (Bimas Islam)." Katanya 

Menyinggung masalah Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Pihaknya akan segera membentuk panitia. 

"kemarin ada surat dari Kementerian mengenai masalah Unit Pengumpul Zakat. Hari ini kita akan langsung bentuk keanggotaannya yang diketuai oleh Penyelenggara Syariah dan Sekretarisnya Kepala Subbag Tata Usaha. Zakat tersebut akan dikumpul sesuai golongan dan disetor ke Bendahara Pengeluaran" tegasnya.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan kemenag Butur telah memprogramkan beberapa kegiatan keagamaan yang bersentuhan langsung dengan ASN dan masyarakat.

"Terlebih lagi dalam waktu dekat kita akan memasuki Bulan Ramadhan. Kita harus membuat program mulai dari Safari Ramadhan di setiap Kecamatan., dan terlebih lagi Shalat Dzuhur berjamaah, Kultum dan lanjut buka puasa bersama di Kantor Kemenag" begitu ungkapnya.

Dalam rakor ini, pihaknya berhasil menghimbau ASN sehingga telah terkumpul 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing untuk kurban ASN dan PTT Kemenag Butur pada Hari Raya Idul Adha 1439.H/2018.M.

Berita lainnya