Gelar MTQ ke-2 Busel, Bupati Launching Perbup Wajib Baca Al Qur'an

Rahmad. S.Pd., M.Pd 28-02-2018 (08:59:12) Berita 81 times

Batauga (Inmas Sultra) ---Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Ke-2 Tingkat Kabupaten Buton Selatan berlangsung meriah dan khikmat Senin 26/2/2018 di lapangan Lakarada Batauga. Hadir dalam pembukaan tersebut Bupati Buton Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton Selatan, ASN Kemenag, dan Unsur Muspika.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton Selatan La Rija dalam laporannya menyampaikan bahwa Pelaksanaan MTQ Ke-2 Tahun 2018 akan dilaksanakan dalam rangka rekrutmen peserta qori qoriah terbaik yang akan wakili Busel di ajang bergengsi di MTQ Butur Maret Mendatang.

“MTQ ke-2 Tahun 2018  di samping untuk mencari bibit peserta yang akan mewakili Buton Selatan pada MTQ Tingkat Provinsi di Buton Utara juga merupakan ajang silaturrahmi antara sesama peserta yang berasal dari 7 Kecamatan” katanya.

Menurut La Rija dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ke-2 Busel ini akan berlangsung meriah sesuai rencana yang akan berlangsung selama 5 hari.

“Pelaksanaan MTQ mulai tanggal 26 Februari 2018 s.d. 01 Maret 2018. lokasi lomba tersebar di berbagai tempat dengan Lapangan Lakarada Batauga sebagai Arena Utama dengan Jumlah Peserta 215 orang.

Motto yang diusung dalam MTQ ke-2 Busel sebagaimana dilaporkan La Rija " Melalui MTQ Ke 2 Tingkat Kabupaten Buton Selatan Kita Jadikan Al Qur'an Sebagai Landasan Spiritual Untuk Membangun Kehidupan Yang Religius Mandiri Serta Bermartabat” ungkapnya

Selanjutnya, Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelaksanaan MTQ dalam rangka menjaring para Qori Qoriah. Beliau juga mengajak seluruh umat Islam yang berada di Kabupaten Buton Selatan untuk selalu menjaga dan menghidupkan rasa cinta terhadap Alquran dengan cara mentadaburi dan membacanya.

“Mari kita selalu menghidupkan rasa cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al Qur'an. Apabila kita telah memulai membangun kecintaan kita kepada Al Qur'an, maka kita dapat mewujudkan melalui semboyan "Tiada Hari tanpa bacaan Al Qur'an". Ajaknya.

Pihaknya juga juga berpesan seharusnya Al Qur'an kita jadikan bacaan utama di antara sekian banyak koleksi buku bacaan kita.
Di akhir sambutannya Bupati menutup dengan beberapa buah pantun sebagai motivasi kepada para kafilah dan panitia untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti iven yang bergengsi ini.

"Jangan sembarang bermain, Kecuali terbuat dari kertas, dewan juri bersikaplah adil, didapat kafilah yang berkualitas". "mengamuk binatang buas,
Karena perutnya tidak berisi,   Bertanding di tingkat kabupaten, jangan cepat puas, Persiapkan diri di tingkat Provinsi, " Banyak-banyaklah berbuat amal, Berbuat baiklah walau tak kenal, Semoga MTQ hasilnya maksimal, Biar berkiprah di Tingkat Nasional. Tutupnya.

Dalam momen MTQ ke-2 Busel juga berlangsung panandatanganan "Peraturan Bupati (Perbup) Buton Selatan oleh Bupati Busel Agus Feisal Hidayat tentang Wajib Baca Al Qur'an bagi Siswa SD dan SMP.  

"Dengan ditandatanganinya perbub Wajib baca Alquran bagi siswa SD dan SMP maka tidak ada alasan lagi ada siswa SD dan SMP di masyarakat khususnya di Busel yang tidak tahu baca tulis Alquran." Tegasnya.

MTQ secara resmi dibuka oleh Bupati yang ditandai penekanan tombol sekaligus Penyematan baju Toga kepada koodinator dewan hakim MTQ H.Sulaeman Juraej, BA. ( (Rhd)
 

Berita lainnya