Dialog Kerukunan, Kepala Kemenag Konawe Himbau Jaga Silaturahmi

Rio Tufail Ramadhan. SH 16-05-2018 (15:12:54) Berita 76 times

Unaaha ( Inmas Sultra ) -- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Konawe menggelar Dialog Antar Tokoh Agama. Selasa. (15/5) bertempat di Aula Kemenag. Kab Konawe.
 
Ketua FKUB Kab. Konawe H. Yakub Akbar Moita, dalam laporannya menyampaikan bahwa pengurus FKUB berjumlah 17 Orang,    merupakan delegasi dari seluruh agama yang ada di Konawe, dan FKUB telah melaksanakan  tugas dan fungsi diantaranya sebagai tempat berdialog antar pemuka pemuka agama,  menampung aspirasi tokoh agama dan menyalurkannya kepada pimpinan daerah sebagai bahan kebijakan.
 
“Selain itu tugas FKUB juga adalah melakukan sosialisasi perundang undangan kerukunan umat beragama serta memberikan rekomendasi tertulis untuk pembuatan rumah ibadah,” jelasnya.
 
Pada kesempatan kali ini juga hadir Kapolres Kab. Konawe,  M. Nur Akbar.  " saya sangat berbangga dapat hadir ditempat ini untuk mengadakan dialog antar umat beragama karena Upaya dialog adalah upaya yang paling ampuh, hampir 70 persen permasalahan yang ada di negara kita,  dapat diselesaikan dengan dialog " ujarnya.
 
Ditambahkan, didalam negara kita ada 4 pilar yang harus kita pertahankan yaitu Dasar Negara Pancasila,  UUD 1945. NKRI dan Bhineka Tunggal Ika .  Mengingatkan kembali tentang isu Pilkada Kab.  Konawe,  Kapolres konawe juga mengharapkan agar kita selalu menjaga rumah ibadah ibadah agar jangan dijadikan tempat kmpanye atau hal hal yang berbau politik.

" saya juga menghimbau agar tetap menjaga kerukunan umat beragama,  jangan karena masalah politik kerukunan kita terpecah " pesan Kapolres.
 
Pada Dialog yang dibuka oleh Ka.  Kemenag Kab.  Konawe Ahmad Lita R,  dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak aliran agama yang mengatasnamakan agama tertentu untuk berbuat yang tidak baik bahkan mengacaukan kerukunan agama.
 
Ahmad Lita juga mengharapkan kedewasaan kita dalam menghadapi sosial media,  karena begitu banyak provokasi didalamnya yang bisa merusak tatanan kehidupan beragama kita.
 
" saya sangat mengharapkan kewaspadaan kita semua terhadap aliran aliran agama yang muncul, untuk tetap menjaga silaturahmi dan kerukunan antar umat beragama dan jangan mudah terprovokasi" harapnya.

Dialog ini di hadiri oleh Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Kapolres kab. Konawe,  ketua FKUB dan Pengurusnya,  tokoh agama serta ASN Kemenag Kab.  Konawe. (Lis)
 

Berita lainnya