Butur Dorong Pengembangan Pondok Pesantren

Rio Tufail Ramadhan. SH 08-02-2018 (08:48:37) Berita 131 times
Kendari (Inmas Sultra) --- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton Utara (Butur) mendorong percepatan pengembangan pendidikan agama melalui jalur pendidikan pondok pesantren.
 
Kali ini Kantor yang dipimpin H. Muh. Saleh melakukan pengembangan salah satu pesantren yang ada di wilayah tersebut yakni Pesantren Bahrul Ulum yang berlokasi di Kecamatan Kulisusu Barat, Buton Utara.
 
Dikatakan, keberadaan pondok pesantren di tengah-tengah masyarakat memiliki peran dan fungsi sebagai tempat dan pengenalan serta pemahaman agama Islam sekaligus sebagai pusat penyebaran nilai-nilai keislaman.
 
“Dengan demikian pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama memiliki tanggung jawab secara kelembagaan dan moril terhadap pengembangan pondok pesantren di tanah air sesuai dengan amanah undang-undang, misalnya UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,”papar Saleh sapaan akrabnya.
 
Dari dasar pertimbangan tersebut, lanjutnya kami selaku pimpinan Kantor Kemenag Kab. Butur melakukan koordinasi dan konsultasi sebagai tindak lanjut program yang kami canangkan kepada Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Sultra, sekaligus menyerahkan profil pondok pesantren yang akan kami kembangkan sebagai salah satu syarat adminsitrasi yang wajib diberikan.
 
Penyerahan profil pondok pesantren Bahrul Ulum Buton Utara diserahkan langsung kepada Kemenag Butur kepada Kepala Bidang Pakis Kanwil Kemenag Sultra, H. M. Natsir di ruang kerjanya. Rabu (7/2). (ms/rtr)

Berita lainnya