Jelang MTQ Kemenag Butur Gelar Rakor

Rahmad. S.Pd., M.Pd 14-02-2018 (06:17:23) Berita 122 times
Buranga (Inmas Sultra) --- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Buton Utara gelar rapat koordinasi. Menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Buton Utara. Selasa (13/2/2018).

Kepala Kemenag Butur H. Muh. Saleh sangat serius dalam menangani hajatan tahunan ini. Tidak tanggung-tanggung Kepala Kemenag yang satu ini sangat getol segala cara ditempu demi menggenjot kafilah Butur untuk tampil yang terbaik dalam gelaran MTQ Maret mendatang di Butur.

“Kegiatan MTQ di Kabupaten Butur yang insyah Allah akan berlangsung tanggal 18-28 Maret 2018. Kantor Kemenag Butur sebagai lembaga vertikal yang konsen dalam program pembangunan keagamaan termasuk MTQ, maka saya selaku penanggung jawab di Kemenag Butur sebagai tuan rumah perhelatan religius tersebut semakin mematangkan persiapan teknis pelaksanaan kegiatan tersebut.” katanya.

Selanjutnya, Kepala Kemenag Butur menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya memastikan kafilah MTQ Buton Utara yang berjumlah 150 orang siap untuk memperkuat kafilah Butur.

“Untuk itu, Kemenag Butur melalui Bupati Butur telah menetapkan Qari Qariah Terbaik dengan keputusan Bupati Buton Utara. Untuk menggenjot kafilah MTQ Butur, Kemenag bekerja sama Pemda Butur telah menggelar pelatihan khusus bagi qari qariah (treaning off center) sehingga nantinya kontingen Butur bisa tampil maksimal.” Kata Saleh.

Kemenag Buton Utara sebagai salah satu lembaga yang diberikan amanah oleh pemda Butur sebagai pendamping kafilah Butur telah menyiapkan tenaga untuk mendampingi dan mengawal pelaksanaan MTQ di Butur. Dinas kesehatan dan rumah sakit Butur juga akan mendampingi kafilah dari pemondokan ke tempat lomba. Peserta rakor melibatkan semua pendamping kafilah MTQ Butur.

Dijelaskanya, dalam rakor tersebut disepakati bahwa semua titik lomba dalam satu jenis lomba Kemenag Buton Utara akan menugaskan 1 - 3 orang untuk mendampingi kafilah Buton Utara.

Untuk memudahkan koordinasi menjelang helatan MTQ pihaknya telah menempu beberapa tahapan termasuk memberikan kebijakan untuk aktivitas perkantoran seluruh ASN baik PNS maupun non PNS secara terpusat berkantor di Kemenag Butur.

“Tepatnya tanggal 1 Maret 2018 seluruh kepala KUA, kamad, penyuluh agama PNS dan non PNS diwajibkan untuk sementara berkantor di Kemenag Buton Utara. Hal ini, merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan MTQ Tingkat Provinsi Sultra di Buton Utara apa lagi keterbatasan tenaga pada Kemenag Butur. Para ASN Kemenag Butur tidak diperbolehkkan untuk meninggalkan daerah.” Pungkasnya. (rhd)

Berita lainnya