Buka Orientasi Pasraman, Kakanwil Ingatkan Pengelola untuk Amanah

Rio Tufail Ramadhan. SH 27-11-2017 (08:38:57) Berita 269 times
Kendari (Inmas Sultra) --- Kakanwil Kemenag Sultra, Dr. Abdul Kadir mengingatkan kepada pengelola Pasraman untuk mengelola lembaga pasraman dan melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggungjawab dan amanah.
 
Hal tersebut disampaikan Kakanwil ketika membuka Orientasi Pengelola Pasraman se Provinsi Sulawesi Tenggara yang digagas Bimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra. Sabtu (25/11)
 
Dikatakan, Pasraman merupakan salah satu wadah penting bagi anak didik khususnya umat Hindu untuk mencegah pengaruh pergeseran nilai budaya dan agama yang disebabkan oleh pengaruh arus informasi yang begitu kuat.
 
“Sebagai Kakanwil saya berkewajiban harus mengerti dan memahami substansi agama yang diakui di Indonesia dan memastikan seluruh agama mendapatkan keadilan, dan merasa nyaman melaksanakan ibadah”ungkap Kakanwil.
 
Dari Informasi yang didapatkan, Pasraman yang ada di Sultra yang jumlahnya mencapai 49 lembaga hanya 20 persen diantaranya yang masih aktif melaksanakan kegiatan Pasraman secara utuh, untuknya itu diperlukan solusi agar kedepan Pasraman dapat berjalan dengan baik dan efektif mentransfer ajaran Hindu.
 
Secara rinci, Kakanwil memberikan  solusi agar Pasraman dapat berjalan efektif, yakni memperbanyak persentase pemangku agama yang ikhlas menghabiskan wakt,  pikiran dan tenaga untuk pengembangan agama, serta memperbanyak kualitas sumber daya dan memperluas jaringan dalam mengelola Pasraman.
 
“Pendidikan yang baik bisa menjaga nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan,”pesannya.
 
Sebelumnya, Ketua PHDI Sultra, I Nyoman Sudiana mengatakan dengan adanya kegiatan orientasi pasraman, harapan majelis agama agar Pasraman yang selama ini kualitasnya belum berjalan baik, dapat ditingkatkan lagi dari sebelumnya. Kita dapat berdiskusi mengenai kendala yang dihadapi saat ini.
 
“dengan memajukan pasraman, kita memajukan pendidikan Hindu semoga kualitas pasraman dapat ditingkatkan dari tahun-tahun sebelumnya,”harapnya.
 
Turut hadir, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra, Ngakan Made Sudiana, serta para Kasi dan Penyelenggara Hindu  Kabupaten/Kota se Sultra.
 

Berita lainnya