Baznas Imbau Masyarakat Bayar Zakat di Amil, Jangan Kasih Langsung ke Fakir Miskin

Nisa Nurhayati. S.I.K 27-02-2018 (09:50:55) Berita 51 times
Kendari (Inmas Sultra)--- Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap tahun ini dapat mengumpul Rp 1 Miliar sebagaimana 2017 lalu.

Kepala Baznas Sultra Hasby Andi Saing menghimbau, Senin (26/2), agar seluruh masyarakat Sultra membayarkan zakatnya melalui amil atau pihak yang bertindak mengumpulkan zakat.

Menurut dia, masih banyak yang enggan membayar zakat amil dan memilih membayar zakat langaung kepada penerima zakat (mustahik).

Padahal, lanjut dia, pembayaran zakat melalui amil lebih baik, karena amil menyalurkan zakat tersebut dalam bentuk santunan dan pemberdayaan.

“Kalau memberi zakat langsung pada penerima zakat (mustahiq), jatuhnya hanya dalam bentuk santunan. Seharusnya santunan dan pemberdayaan berbarengan,”sebutnya.

Ia menambahkan, zakat yang dikumpulkan oleh pihaknya adalah zakat mal atau zakat harta, sedangkan zakat fitrah diserahkan langsung oleh pengelolaannya melalui mesjid umum di bawah koordinasi Baznas daerah.

“Untuk saat ini, pembayaran zakat di Sultra masih didominasi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS),  belum merambat di seluruh pengusaha yang berada di Sultra,” ungkapnya.

Dikatakannya, pada 2017 zakat yang berkumpul di Baznas sebanyak Rp 1 Miliar, sementara di 2018 pihaknya menargetkan minimal sama dengan tahun yang lalu, bahkan bisa melampaui dari target tersebut.
 

Berita lainnya