2018, JCH Konawe Capai 116 Orang

Wa Ode Asnani, S.Ip 21-02-2018 (11:57:43) Berita 93 times
Unaaha, (Inmas Sultra)--- Kabupaten Konawe pada musim haji tahun 2018 ini belum mendapatkan kuota secara pasti untuk jumlah Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat menunaikan ibadah haji di Makkah Al Muqaromah. Sampai saat ini, jumlah yang telah terdaftar baru 116 orang.
 
Jumlah JCH tersebut telah masuk dalam antrian JCH dan dipastikan bakal berangkat ke Makkah. Hanya saja jumlah ini masih bisa bertambah jika kuota yang didapatkan oleh Sulawesi Tenggara tahun ini bertambah.
 
“Setiap tahun jumlah calon jemaah selalu berubah, dan itu terjadi disetiap kabupaten kota. Ini dikarenakan pembagian kuota haji berdasarkan kuota provinsi,” ungkap Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kab. Konawe, H Alwi, Senin (19/2).
 
Oleh karena itu, kata Alwi, siapapun yang lebih dulu masuk antrian, maka mereka yang akan berangkat. Sementara Kemenag Konawe hanya menginput dan akan ketahuan berapa jumlah yang akan diberangkatkan.
 
Menurut Alwi, sampai saat ini untuk Konawe sudah ada 116 orang jemaah yang masuk antrian. Jumlah ini akan bertambah jika ada penggabungan jemaah suami istri. Namun untuk kepastiannya setelah Kemenag Provinsi mengeluarkan pengumuman resmi.
 
“Kita berharap untuk Kabupaten Konawe kuotanya bisa bertambah, sehingga banyak yang menunaikan ibadah haji tahun ini,”harapnya.
 
Untuk pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2017, seluruh jemaah pulang dengan selamat. Para jemaah dalam melaksanakan rukun haji juga berjalan lancar dan semuanya dalam keadaan sehat. Sehingga itu dirinya mengingatkan agar para calon jemaah untuk mempersiapkan diri dengan baik.
 
“Sedini mungkin persiapkan fisik dan mental. Terutama bagi calon jemaah yang menderita sakit untuk memeriksakan sedini mungkin kesehatannya dan menjalani pengobatan. Kita berharap tahun ini semuanya bisa melaksanakan ibadah dengan lancar,” katanya.(RS/nan)

Berita lainnya